IAIN KUDUS LAKSANAKAN VISITASI LAPANGAN AUDIT EKSTERNAL TAHAP I SERTIFIKASI ISO 21001:2018

Blog Single

Selasa (17/09), Perguruan tinggi sebagai salah satu institusi pendidikan memiliki peranan penting dalam pengembangan standarisasi mutu dan penilaian kesesuaian mutu pendidikan di Indonesia. Dalam rangka meningkatkan standar mutu dan kualitas pendidikan, IAIN Kudus sebagai salah satu perguruan tinggi keagamaan islam negeri (PTKIN) di lingkungan Kementerian Agama telah melaksanakan proses standarisasi ISO 21001:2018. ISO 21001:2018 berfokus pada peningkatan kepuasan mahasiswa, penerima manfaat dan tenaga kependidikan. 

Dalam rangka memastikan bahwa proses manajemen pendidikan di IAIN Kudus sudah sesuai dengan standar ISO 21001:2018, maka dilaksanakanlah Visitasi Lapangan Tahap I. Kegiatan berlangsung selama dua hari yakni pada tanggal 17 sampai dengan 18 September 2024, dengan auditor eksternal dari PT. TÜV Rheinland Indonesia yakni Dr. Abdul Manan Aruli. 

Bertempat di Aula SBSN Lantai 2 Fakultas Tarbiyah, Rektor IAIN Kudus Prof. Dr. H. Abdurrohman Kasdi, Lc., M.Si., secara resmi membuka kegiatan. Beliau menyampaikan bahwa pada tahun ini ada dua puluh Program Studi telah submit Reakreditasi serta memohon kepada Dr. Abdul Manan Aruli agar dapat memberikan pendampingan kepada lembaga IAIN Kudus dalam proses penyusunan dokumen yang sesuai dengan standar ISO 21001:2018.

Selanjutnya Dr. Abdul Manan Aruli menjelaskan tentang jadwal pelaksanaan audit, hari pertama yakni proses audit di level Top Management (Pimpinan Rektorat), tim LPM, dan beberapa sampling Fakultas. Pada hari kedua yakni proses audit di Biro AUAK dan Auditor's team reviewer. Untuk metode audit yang digunakan yaitu Interview and Business Process Approach, Observation and Demonstration, Sampling, dan Document Check. Adapun temuan audit yang akan dikonfirmasi yaitu yang memiliki status Nonconformity (NC), Observation, dan Opportunity For Improvement (OFI). 

Share this Post1: