Selamat Datang di web LEMBAGA PENJAMINAN MUTU (LPM) - Institut Agama Islam Negeri Kudus !

LEMBAGA PENJAMINAN MUTU (LPM)

Institut Agama Islam Negeri Kudus

LPM IAIN Kudus Benchmarking Akreditasi Internasional ke UIN SUKA Yogyakarta

Blog Single

Pada akhir tahun 2022 tepatnya tanggal 21-23 Desember 2022, LPM IAIN Kudus mengadakan Benchmarking ke UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk melakukan konsultasi terkait persiapan akreditasi internasional dan belajar tentang pengelolaan tracer studi alumni. 

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan program akreditasi internasional program studi yang direncanakan mulai tahun 2023 akan diluncurkan oleh Rektor IAIN Kudus sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan peningkatan kualitas mutu pembelajaran pada IAIN Kudus.

Tujuan pertama Benchmarking adalah Lembaga Penjaminan Mutu

Pelaksanaan konsultasi dan kordinasi tindak lanjut workshop OBE dilaksanakan di Lembaga Penjaminan Mutu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang diterima langsung oleh Ketua Lembaga Penjaminan Mutu bapak Dr. H. Fakhri Husein, SE, M.Si bersama 2 orang narasumber OBE yang sebelumnya diundang dalam workshop OBE di Institut Agama Islam Negeri Kudus. Kegiatan berjalan dengan santai namun serius mendiskusikan hasil penyusunan kurikulum OBE Institut Agama Islam Negeri Kudus dan persiapan menuju akreditasi internasional.  Seluruh peserta kegiatan sangat serius mendegarkan penjelasan Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang meliputi beberapa catatan penting antara lain:

  1. Implementasi kurikulum OBE mutlak harus dilakukan dalam rangka persiapan submit borang akreditasi internasional minimal 1 tahun.
  2. Program studi yang direkomendasikan adalah program studi yang telah memiliki status akreditasi A dan atau Unggul, bisa juga yang B atau Baik Sekali namun diperlukan upaya yang lebih besar.
  3. Tahap awal dalam persiapan akreditasi internasional adalah pembangunan pola pikir dan budaya akademik berbasis internasional yaitu pembelajaran yang berorientasi pada
  4. Program studi yang akan diajukan akreditasi internasional harus memiliki tim yang solid dan komitmen yang tinggi.

Tujuan berikutnya adalah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN

Benchmarking program studi terakreditasi internasional dilaksanakan pada beberapa program studi pada FITK (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Terdapat 7 program studi yang telah terakreditasi internasional pada FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kedatangan tim Institut Agama Islam Negeri Kudus di FITK (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta diterima langsung oleh Dekan FITK yaitu ibu  Prof. Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd bersama dengan beberapa Ketua Prodi terakreditasi internasional.

Beberapa catatan penting selama diskusi dengan pengelola FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan para Ketua Prodi antara lain:

  1. Program studi yang mengikuti akreditasi internasional adalah prodi yang sudah terakreditasi A/Unggul
  2. Membutuhkan waktu minimal 2 tahun, Jika dihitung sejak masa persiapan, implementasi kurikulum dan submit borang akreditasi.
  3. Borang akreditasi dan pembiayaan dihitung berdasarkan klaster akreditasi program studi.
  4. Pengelola fakultas dan prodi harus menguasai bahasa inggris karena saat visitasi, asesor yang datang langsung dari FIBAA berbahasa inggris.

Tujuan terakhir adalah CENDI (Center for Entrepeneurship and Career Development)

Pengelolaan tracer studi alumni pada UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sudah sangat baik dan menjadi percontohan bagi PTKIN se-Indonesia. Kedatangan Tim Institut Agama Islam Negeri Kudus disambut baik oleh Direktur CENDI  bapak Dr. Ahmad Salehuddin, M.Ag  bersama Kepala Pusat Tracer Studi Alumni dan tim.

Terdapat beberapa hal penting yang didapatkan dalam diskusi dengan pengelola tracer studi alumni di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta antara lain:

  1. Pengelolaan tracer studi alumni dilakukan secara terpusat dibawah koordinasi pusat tracer studi alumni yang tergabung dalam CENDI.
  2. Pelaksanaan tracer studi alumni menggunakan aplikasi khusus yang dikelola oleh pusat tracer sampai dengan terbit laporan hasil tracer studi dalam bentuk buku ber ISBN.

CENDI juga mengelola pelayanan bimbingan karir dan kewirausahaan dalam bentuk konsultasi karir dan kewirausahaan bagi mahasiswa yang terjadwal secara rutin di kantor CENDI.

Share this Post:

Galeri Photo