SOSIALISASI KEBIJAKAN SPMI DI IAIN KUDUS

Blog Single

Senin, 27 November 2023 - dalam rangka mewujudkan kualitas mutu akademik di lingkungan IAIN Kudus, LPM IAIN Kudus menggelar Sosialisasi Kebijakan SPMI yang dilaksanakan di aula lantai 4 gedung perpustakaan IAIN Kudus. Acara ini dihadiri oleh para pimpinan IAIN Kudus diantaranya Rektor Prof. Dr. H. Abdurrohman Kasdi, Lc., M.Si., Wakil Rektor I Prof. Dr. H. Ihsan, M.Ag., dan Kepala Biro AUAK Drs. H. Adnan., M.Ag.,

Sistem penjaminan mutu internal (SPMI) adalah kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh setiap perguruan tinggi secara otonom untuk mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Untuk mencapai tujuan SPMI serta untuk mewujudkan visi, misi, dan tujuan universitas, maka sivitas akademika dalam melaksanakan SPMI pada setiap aras selalu berpedoman pada prinsip-prinsipnya.

Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan "Penjaminan Mutu pada prinsipnya ialah garda depan untuk meningkatan kualitas lembaga, apabila penjaminan mutu selalu ditradisikan maka pada saat akan melakukan akreditasi atau bahkan konversi akreditasi sekalipun akan sangat mudah karena kita sudah menyelami penjaminan mutu setiap waktu, setiap bulan sebagai tradisi." Beliau menambahkan, "Lembaga IAIN Kudus semakin lama semakin besar. oleh karena itu inisiasi-inisiasi boleh muncul dari siapapun tidak hanya perangkat yang ada di rektorat termasuk LPM, LPPM, dan juga UPT. Maka nanti perlu disepakati terkait kebijakan tentang e-SPMI dan tentang bagaimana pola Penjaminan Mutu di liingkungan IAIN Kudus."

Selanjutnya, acara dipimpin oleh ketua LPM Dr. Nur Aris, M.Ag., sekaligus memaparkan materi yang disampaikan, antara lain terkait : update regulasi yang telah di upgrading, organisasi perguruan tinggi, dasar hukum penyusunan kebijakan SPMI, ruang lingkup SPMI, organisasi SPMI, organisasi GPM GKM dan UPPS, siklus SPMI, komposisi standar SPMI, urutan Kerja LPM pada implementasi SPMI UPPS, urutan kerja GPM/GKM-UPPS/Prodi pada implementasi SPMI UPPS /Prodi, dan urutan kerja auditor pada implementasi SPMI.

Diakhir kegiatan ini, para peserta diminta untuk memberikan kritik dan saran agar kedepannya dapat dilaksanakan serta diperbaiki kembali kekurangannya.

Share this Post1:

Galeri Photo