Selamat Datang di web LEMBAGA PENJAMINAN MUTU (LPM) - Institut Agama Islam Negeri Kudus !

LEMBAGA PENJAMINAN MUTU (LPM)

Institut Agama Islam Negeri Kudus

Review Kinerja Perguruan Tinggi dan Laporan Evaluasi Diri T.A 2020

Blog Single

Akreditasi Perguruan Tinggi merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk menjamin mutu atau kualitas pelaksanaan kegiatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Akreditasi perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan adalah akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi yang dilaksanakan oleh BAN-PT meliputi akreditasi program studi dan Akreditasi Institusi.

Laporan Kinerja Perguruan Tinggi dan Laporan Evaluasi Diri merupakan salah satu bagian dari kegiatan Akreditasi Perguruan Tinggi. Oleh karena itu Lembaga Penjaminan Mutu di Lingkungan Institut Agama Islam Negeri Kudus mengadakan acara Review Kinerja Perguruan Tinggi dan Laporan Evaluasi Diri.

Kegiatan Review Kinerja Perguruan Tinggi dan Laporan Evaluasi Diri dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 14-16 Desember 2020 di Hotel Nindya By Horison Semarang. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah 50 Tim AKreditasi di Lingkungan Institut Agama Islam Negeri Kudus yang terdiri dari Rektor, Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK, Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketua, Sekretaris dan Kepala Pusat pada Lembaga, Kepala Unit, Kabag dan Kasubbag serta beberapa Tenaga Kependidikan.

Narasumber dari kegiatan ini merupakan narasumber yang berkompeten dibidangnya yaitu Dr. H. Supa’at, M.Pd. (Wakil Rektor I), Dr. H. Muhammad Fakhri Husein, SE., M.Si. (Dosen UIN Sunan Kalijaga sekaligus Asesor BAN- PT), dan Dr. Nur Aris, M.Ag (Ketua LPM).

Pada hari pertama, kegiatan di buka oleh Dr. H. Supa’at, M.Pd dan dengan menyampaikan beberapa materi yang salah satunya bahwa “Kegiatan Review Laporan Kinerja Perguruan Tinggi dan Laporan Evaluasi Diri dilaksanakan agar Akreditasi Perguruan Tinggi bisa dilaksanakan dengan baik, kegiatan kita adalah nilai Akreditasi Perguruan Tinggi kita berubah dari kondisi sekarang (nilai C)”. Setelah itu materi selanjutnya disampaikan oleh Dr. H. Muhammad Fakhri Husein, SE., M.Si. dimana ada beberapa hal penting yang di sampaikan oleh beliau yaitu Fokus kita kepada syarat “akreidtasi” dan syarat “baik sekali”. Karena jika tidak terpenuhi syarat akreditasi maka prosesnya terhenti.”. dan kemudian kegiatan dilanjutkan dengan membentuk tim pokja guna melengkapi pemenuhan data pada table Laporan Kinerja Perguruan Tinggi.

Pada Hari Kedua masih melanjutkan kegiatan pada hari pertama yaitu masing-masing tim pokja bekerjasama melengkapi pemenuhan data pada tabele Lapora KInerja Perguruan Tnggi dengan di pandu oleh Dr. Nur Aris, M.Ag dan Dr. H. Muhammad Fakhri Husein, SE., M.Si dan menyampaikan materi terkait Laporan Evaluasi Diri.

Dihari ketiga kegiatan, Dr. Nur Aris, M.Ag selaku narasumber memandu masing- masing tim pokja untuk mempresentasikan hasil kelengkaan data LKPT dan LED mereka masing-masing dan dengan dilanjutkan acara penutupan yang dipimpin oleh Rektor Institut Agama Islam Negeri Kudus.

Dengan adanya kegiatan Review Kinerja Perguruan Tinggi dan Laporan Evaluasi Diri ini diharapkan Tim Akreditasi  mampu memastikan isian instrument Akreditasi Perguruan Tinggi telah sesuai standar yang dipersyaratkan oleh BAN-PT dan dapat dijadikan sebagai acuan dalam pengisian data Laporan Kinerja Perguruan Tinggi dan Laporan Evaluasi Diri.

Share this Post:

Galeri Photo