Selamat Datang di web LEMBAGA PENJAMINAN MUTU (LPM) - Institut Agama Islam Negeri Kudus !

LEMBAGA PENJAMINAN MUTU (LPM)

Institut Agama Islam Negeri Kudus

PELATIHAN AMI-PT STAIN KUDUS TAHUN 2018

Blog Single

Pelatihan Auditor Mutu Internal Perguruan Tinggi (AMI-PT)

STAIN Kudus Tahun Anggaran 2018

  Keberadaan sumber daya manusia di bidang auditor perlu diperkuat untuk membantu audit mutu internal di perguruan tinggi. Audit mutu internal ini merupakan salah bentuk evaluasi internal perguruan tinggi guna mendapatkan ruang-ruang peningkatan secara berkelanjutan (continous quality improvement).

Dalam rangka peningkatan mutu di lingkungan STAIN Kudus, maka Pusat Penjaminan Mutu mengadakan “Pelatihan Auditor Mutu Internal Perguruan Tinggi (AMI-PT) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus Tahun Anggaran 2018” yang dilaksanakan pada tanggal 15 – 17 Januari 2018 di Aula Lantai 3 Rektorat Kampus Timur.

Tujuan diadakannya Pelatihan ini adalah untuk menyiapkan Auditor Mutu Internal STAIN Kudus yang memahami dan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya secara otonom karena audit bukan merupakan asesmen/penilaian melainkan pencocokan antara pelaksanaan dengan standar yang sudah ditetapkan.

Adapun pemateri dalam pelatihan tersebut diantaranya Dr. Wonny Ahmad Ridwan, SE, MM., (Kepala Kantor Audit Internal IPB), Dr. Yudi Chadirin, S.TP., M.Agr., (Auditor Internal IPB) dan Dr. Supa’at, M.Pd.(Wakil Ketua I STAIN Kudus)

Pada hari pertama, peserta mengerjakan pre test, dilanjutkan dengan Materi Kebijakan Nasional SPM PT (SPMI dan SPME), Standar Mutu dan SOP STAIN Kudus, Teori Pemahaman Audit Mutu Internal, dan Evaluasi SPMI dan Pemetaan Mutu Berbasis BAN PT.

Pelatihan hari kedua, peserta melakukan praktik Evaluasi SPMI dan Pemetaan Mutu menggunakan Software Excel, Presentasi Evaluasi SPMI dan Pemetaan Mutu menggunakan Software Excel, Pembuatan Instrumen Evaluasi Mutu dan Pengendalian Mutu (Program Kerja Audit/PKA), Praktik Pembuatan Instrumen Evaluasi Mutu dan Pengendalian Mutu (Program Kerja Audit/PKA), Praktik Pembuatan Instrumen audit/evaluasi mutu (Kertas Kerja Audit/KKA) dan Persiapan PKA Visitasi, Persiapan Visitasi, dan simulasi pelaksanaan audit Pembuatan Instrumen Laporan AMI PT.

Sementara dihari ketiga, peserta dihadapkan pada Materi Tujuan Evaluasi/Audit Mutu, Desk Evaluation, Perumusan KKA dan Persetujuan Auditi, Post test, Pembuatan Laporan Hasil Audit, dan diakhiri dengan Presentasi Hasil Visitasi.

            Pelatihan Auditor Mutu Internal diikuti oleh 61 orang terdiri dari dosen tetap di lingkungan STAIN Kudus dan utusan lembaga/pusat penjaminan mutu dari STAI Pati, Unwahas Semarang, STAI Al Anwar Sarang Rembang, STIKES Cendekia Utama Kudus, IPMAFA Margoyoso Pati, UNISNU Jepara, dan AKBID Muslimat NU Kudus
 
 

 

Share this Post:

Galeri Photo