Selamat Datang di web LEMBAGA PENJAMINAN MUTU (LPM) - Institut Agama Islam Negeri Kudus !

LEMBAGA PENJAMINAN MUTU (LPM)

Institut Agama Islam Negeri Kudus

MONITORING DAN EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2018/ 2019

Blog Single

MONITORING DAN EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEMESTER GASAL  TAHUN AKADEMIK 2018/ 2019

 

Untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa dalam pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (PBM) yang dilakukan oleh dosen pengajar dan untuk mengevaluasi kegiatan PBM yang dilakukan oleh dosen pengajar atau pengampu mata kuliah maka di laksanakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran (EPP) Semester Gasal Tahun Akademik  2018/2019 yang di adakan oleh Pusat Penjaminan Mutu di Lingkungan IAIN Kudus.

Salah satu cara yang dapat digunakan sebagai alat evaluasi kinerja dosen dalam PBM adalah dengan penyebaran kuesioner kepada mahasiswa untuk menilai kinerja dosen secara daring. Meskipun cara itu belum bias menjamin kualitas seorang dosen karena masih di perlukan analisis kesesuaian materi kuliah yang di ajarkan dengan jenis kompetensi program studi dan kesesuaian mutu lulusan dengan kebutuhan masyarakat pengguna baik instansi pemerintah, swasta maupun lingkungan sosial masyarakat. Namun dengan cara penyebaran kuosioner ini, hasilnya dapat digunakan program studi sebagai feedback terhadap pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan.

Pengumpulan data melalui kuesioner secara daring kepada setiap mahasiswa dilakukan pada saat mengakses Hasil Studi Semesteran (HSS). Setelah data terkumpul kemudian direkap serta di olah di SIKADU dan hasilnya di unduh oleh Pusat Penjaminan Mutu untuk di analisis lebih lanjut.

Kriteria penilaian EPP ini memiliki 4 klasifikasi nilai rentang skore yaitu 1,0 - 1,7 (Proses Belajar Mengajar tidak Memuaskan); 1,8-2,5 (Proses Belajar Mengajar kurang Memuaskan).; 2,6 – 3,3 (Proses Belajar Mengajar Memuaskan) dan 3,4 – 4,0 ( Proses Belajar Mengajar Sangat Memuaskan).

Berdasarkan hasil olah data EPP pada semester Gasal TA 2018/2019 dapat di peroleh hasil rekap EPP Gasal TA 2018/2019 terbaik Jurusan Tarbiyah Azizah Maulina Erzad, M.Pd. (3,35), Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam Junaidi Abdullah, S.Ag., M.Hum (3,3), Jurusan Ushuluddin Dr. Hj. Umma Farida, Lc, MA   (3,33), Jurusan Dakwah dan Komunikasi Heny Kristiana Rahmawati, M.Pd.I. (3,31), Pascasarjana Dr. Fifi Nofiaturrahmah, M.Pd.I (3,33) Tingkat IAIN Kudus yaitu Azizah Maulina Erzad, M.Pd (Dosen Fakultas Tarbiyah) dengan nilai rentang skore 3,35 yang artinya Proses Belajar Mengajar Sangat Memuaskan.

Share this Post: